Sungai Bulang Meluap, Rendam Sekolah dan Puluhan Rumah

Sungai Bulang meluap menyebabkan banjir merendam sekolah dan pemukiman warga. Foto : EBI/ENIMEKSPRESPRES.CO.ID

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALI – Hujan deras yang mengguyur Bumi Serepat Serasan sejak Selasa hingga Rabu pagi, menyebabkan debit air Sungai Bulang yang ada di Desa Talang Bulang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), meluap dan merendam puluhan rumah warga serta bangunan SMP Negeri 11 Talang Ubi.

Beruntung saat meluapnya air sungai ini, kegiatan belajar mengajar (KBM) di sekolah tersebut masih dilakukan secara daring. Sehingga tidak mengganggu proses KBM siswa di sekolah.

Sihab, Penjaga SMP Negeri 11 Talang Ubi mengatakan, banjir di desanya baru pertama kali terjadi. “Memang ini akibat hujan deras mengguyur hampir semalaman, tapi biasanya tidak banjir. Ini mungkin saja diakibatkan saluran air tersumbat menuju sungai,” ujar Sihab, Rabu (3/2/2021).

Baca juga:

Diakuinya, ketinggian air mencapai satu meter lebih dan telah memasuki ruangan kelas, ruang kantor, dan ruang guru. “Yang kami khawatirkan adanya komputer, laptop, dan dokumen sekolah berada di ruang guru dan kantor yang terendam. Tapi Alhamdulillah, semuanya bisa terselamatkan,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Desa Talang Bulang, Menriadi mengharapkan Pemerintah Kabupaten PALI menyelesaikan normalisasi Sungai Bulang. “Selain musim hujan, juga drainase kurang maksimal. Untuk itu kami minta rampungkan normalisasi sungai yang memang saat ini baru di bagian hilir saja agar permasalahan banjir bisa teratasi,” pinta Menriadi. (ebi)

loading...

LEAVE A REPLY