Sedekah Dusun dengan Pesta Lemang dan Kelepon

SEDEKAH DUSUN : Makanan khas Desa Gerinam kelepon dan lemang menghiasi acara sedekah dusun. Foto : sigit/enimeks

ENIMEKSPRES.CO.ID, RAMBANG NIRU – Sedekah dusun adalah acara tradisi turun temurun yang sudah dilaksanakan rutin oleh masyarakat Desa Gerinam, Kecamatan Rambang Niru setiap satu tahun sekali.

Sedekah dusun ini merupakan bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas semua karunia yang sudah diberikan kepada warga, keselamatan dan dimudahkan dalam mencari rezeki.

Acara sedekah dusun Gerinam tahun ini dilaksanakan di Aula Desa Gerinam, Rabu (31/3). Turut hadir, unsur Tripika Kecamatan Rambang Niru, acara ditandai dengan pesta lemang dan kelepon makanan khas daerah tersebut.

Kepala Desa Gerinam Indra Yosep, mengatakan sedekah dusun ini sebagai wujud syukur warga atas hasil bumi mereka. Meski di masa pandemi, kegiatan sedekah dusun ini menerapkan protokol kesehatan ketat. “Lemang dan kelepon ceria ini, sebagai simbol masyarakat Gerinam sekarang ini merasa gembira, bersyukur atas hasil bumi mereka,”kata Indra.

Dikatakan Indra, sedekah dusun ini dapat digelar berkat kerjasama Pemerintah desa,dan swadaya masyarakat. Ia pun mengapresiasi kepada masyarakat yang sudah mau peduli dengan budaya sejak jaman leluhurnya sebagai wujud rasa syukur dalam menjalani hidup.

“Tanpa ada sumbangsih dari masyarakat, sedekah dusun ini tidak dapat digelar. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan unsur tripika yang sudah mendukung acara ini sampai dengan selesai,”terang dia.

Sementara itu, Camat Rambang Niru, Fredy Febriansyah S.S.T.P., M.Si mengungkapkan, akan terus mendukung penuh masyarakat desa Gerinam dalam melestarikan budaya sedekah dusun yang bisa menjadi ajang destinasi wisata desa kedepan.

“Semoga masyarakat desa Gerinam dapat terus kompak dan solid dalam membangun desa, salah satunya bergotong royong pada saat menggelar sedekah dusun setahun sekali,”terang Fredy.(git)

loading...

LEAVE A REPLY