Satu Pelaku Pencurian Pipa Ditangkap Polisi, Lima Pelaku Larikan Diri

Pelaku pencurian pipa milik PT KSO Petroenim diamankan di Mapolsek Penukal Abab. Foto : ISTIMEWA

ENIMEKSPRES.CO.ID, PALI – Duli (41), berprofesi sebagai petani karet, warga Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), harus meringkuk di sel tahanan Polsek Penukal Abab. Dia diduga mencuri pipa milik PT KSO Petroenim. Lima temannya kabur saat hendak disergap polisi.

Penangkapan berlangsung Kamis (4/2/2021) lalu sekitar pukul 00.30 WIB, di pinggir Jalan Pertamina Desa Pengabuan Kecamatan Abab, yang merupakan area line pipa milik perusahaan minyak dan gas (migas) tersebut.

Penangkapan terhadap Duli, berawal saat petugas mendapatkan informasi dari Security PT KSO Petroenim yang sedang melakukan patroli rutin di jalur pipa line, ada orang yang mencurigakan yang sedang menggesek pipa besi dengan menggunakan gergaji besi.

Kanit Reskrim Penukal Abab Ipda Taufik Hidayat dan Tim Srigala meluncur ke TKP untuk melakukan penangkapan terhadap para pelaku pencurian besi pipa. Dari lokasi kejadian petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa satu potong pipa besi diameter empat inci dan panjang empat meter, dua buah gergaji besi, dan satu linggis.

Kapolres PALI, AKBP Rizal Agus Triadi melalui Kapolsek Penukal Abab, AKP Alfian mengatakan, aksi pelaku dibantu lima orang temannya yang saat ini ditetapkan sebagai DPO.

“Aksi tersangka Duli dan kawan-kawan dilakukan dengan cara menggunakan gergaji besi dan linggis. Atas kejadian tersebut PT KSO Petroenim melaporkan kejadian ke Polsek Penukal Abab,” ungkap Alfian, Selasa (23/2/2021).

Diterangkan Alfian, kerugian perusahaan sebesar Rp100 juta. “Pelaku terancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara minimal 5 tahun. Sedangkan untuk lima tersangka lain masih kita pengejaran dan identitasnya sudah kami kantongi,” tegasnya.

Sementara itu, pelaku Duli mengaku baru kali pertama melakukan aksi pencurian. “Baru pertama kali, rencananya uang ini saya gunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” akunya di depan petugas. (ebi)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

loading...

LEAVE A REPLY