PAUD Ujicoba Pembelajaran Tatap Muka Selama Dua Bulan

Rapat kerja HIMPAUDI Kabupaten Muara Enim dalam rangka melaksanakan pembelajaran tatap muka pada semester genap awal tahun depan. Foto : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID

ENIMEKSPRES.CO.IDMUARA ENIM – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kabupaten Muara Enim, adakan Rapat Kerja (Raker) jelang pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang direncanakan dilakukan pada tahun depan.

Raker berlangsung di Balai Desa Lebak Budi Kecamatan Panang Enim, Sabtu (26/12/2020). Pada raket tersebut, salah satu yang disepakati adalah pembelajaran tatap muka di masa pandemi akan diujicoba selama dua bulan, dengan memenuhi protokol kesehatan.

“Ujicoba dua bulan dan akan dievaluasi. Jika aman, maka bisa dilanjutkan, namun tetap harus memenuhi syarat protokol kesehatan. Bagi PAUD yang belum siap sarana jangan dipaksakan tatap muka. Jika orang tua tidak mengizinkan jangan dipaksa,” kata Ketua HIMPAUDI Kabupaten Muara Enim, Musliah, M.Pd.

Baca juga:

Musliah meminta kepada para pengelola PAUD untuk menyiapkan sarana mendukung pembiasaan 3 M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Sedangkan untuk teknis saat melaksanakan pembelajaran tatap muka disesuaikan. Maksimal dalam satu rombel (Rombogan belajar) hanya boleh lima siswa dan jam belajar sistem shift atau bergantian.

“Misal per satu jam bergantian, tidak ada jam istirahat. Siswa sudah belajar langsung pulang. Kegiatan ini akan kita evaluasi selama dua bulan, jika aman bisa dilanjutkan belajar seperti biasa,” urai dia.

Di sisi lain, Musliah juga mendorong PAUD untuk meningkatkan mutu kependidikan dengan mengajukan akreditasi. Menurut dia, masih belum banyak PAUD mengajukan akreditasi, dari sebanyak 345 lembaga yang ada.

“Dalam rangka pemetaan mutu pendidikan PAUD oleh pusat, PAUD yang mengajukan akreditasi akan dibantu pendanaan oleh Kementerian Pendidikan selama satu tahun. Manfaat akreditasi yakni meningkatkan mutu pendidikan dan lebih diakui lembaganya terutama oleh pemerintah,” jelas Musliah. (git)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

loading...

LEAVE A REPLY