Pastikan Harga Sembako Stabil Selama Ramadhan

SIDAK : HNU sidak di Pasar Inpres Muara Enim memantau harga kebutuhan bahan pokok menjelang ramadhan.

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim, memastikan harga pangan aman dan tetap stabil selama bulan Ramadhan hingga jelang Lebaran tahun 2021.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim, H. Nasrun Umar (HNU), mengatakan pemerintah bersama stakeholder terkait telah melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya inflasi dan menjaga stabilitas harga di Bumi Serasan Sekundang.

“Kita pastikan tidak ada kenaikan signifikan harga pangan maupun sembako jelang Ramadhan, hal ini telah kita buktikan berdasarkan inspeksi atau pengecekan langsung ke Pasar,”kata HNU disela kegiatan inspeksi mendadak di Pasar tradisional inpres kota Muara Enim, Senin (12/4).

Dikatakan HNU, pihaknya sengaja melakukan pengecekan langsung kepada para pedagang di pasar tradisional Muara Enim, untuk memastikan persediaan bahan sembako dan bahan pokok lainnya tidak terjadi kenaikan yang signifikan akibat menjelang bulan suci Ramadhan.

Diakuinya jelang bulan suci biasanya terjadi kenaikan harga di masyarakat karena lonjakan permintaan bahan pangan pokok.seperti beras, telur, gula, daging, cabe, bawang merah, bawang putih dan kebutuhan pokok lainnya.

“Untuk itu pada hari ini kita melaksanakan kegiatan pasar tani dan sembako murah yang merupakan ajang promosi efektif untuk memperkenalkan hasil pertanian, pengolahan dan produk-produk UMKM yang dihasilkan oleh petani dan kelompok industri rumah tangga,”ungkapnya

Adapun kegiatan pasar tani digelar di Lapangan Merdeka, Kota Muara Enim, Senin (12/4) juga dalam rangka mengantisipasi terjadinya inflasi atau kenaikan harga dari barang sembako dan komuditi pertanian.

Menurut HNU, kegiatan pasar tani juga ditujukan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memenuhi kebutuhan terutama kebutuhan pokok serta kebutuhan lainnya.

Lebih lanjut  Plh. Bupati menghimbau kepada seluruh pedagang maupun pembeli untuk tidak resah akan ketersediaannya bahan-bahan pokok saat menjelang bulan suci Ramadhan.

Menurut HNU keresahan tersebut bisa mengakibatkan aksi borong sembako yang menjadi menyebab kenaikan dari bahan pokok yang ujungnnya merugikan masyarakat.

“Oleh karenanya kita berharap dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan stakeholder lainnya dapat menekan terjadinya inflasi dan menjaga stabilitas harga tetap normal hingga memasuki hari raya Idul Fitri nantinya,”jelasnya.(ozi)

loading...

LEAVE A REPLY