Pantau Harga Kebutuhan Pokok

PANTAU: Pejabat Tripika Lawang Kidul melakukan pemantauan harga daging di Pasar Tanjung Enim kemarin. Foto : sigit/enimeks  

ENIMEKSPRES.CO.ID, TANJUNG ENIM – Dalam rangka melihat kondisi harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Tanjung Enim jelang lebaran. Tripika Kecamatan Lawang Kidul, Camat, Kapolsek, Danramil, didampingi instansi terkait melakukan monitoring harga daging ayam, daging sapi, sayur mayur dan lainnya yang biasa dibutuhkan masyarakat jelang lebaran Idul Fitri. Dari hasil pantuan bersama pada Selasa (4/5) itu harga kebutuhan yang ada di Pasar Pagi Tanjung Enim bisa dikatakan dalam kondisi stabil.

Camat Lawang Kidul, Andrille Martine S.E. mengatakan, tujuan dilaksanakan pemantauan harga-harga kebutuhan makanan jelang lebaran Idul Fitri 1442 H, supaya tidak ada permainan harga yang menyebabkan keluhan masyarakat. Mengingat pada setiap jelang lebaran permintaan bahan makanan seperti daging, telor, dan sayuran meningkat.

“Meskipun harga naik sedikit, akan tetapi masih dalam batas wajar. Bahkan ada harga yang turun seperti cabe merah sampai 25 ribu per kilogram,” kata Andrille, Selasa (4/5).

Ia menyimak semua penjelasan dari para pedagang, seperti harga daging sapi antara 130 – 140 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp 60 ribu per kilo, ayam potong biasa Rp 40 ribu per kilogram, sedangkan harga telor ayam sekita 23-25 per kilogram. Pada saat monitoring itu juga, Tripika menghimbau kepada para pedagang dan pembeli untuk tidak menaikkan harga atau naik namun sewajarnya. Mengingat saat ini kondisi ekonomi masyarakat tengah sulit akibat dampak pandemi Covid-19. Selain itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk menjaga protocol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, serta menjaga kebersihan.

“Sampai saat ini semua harga masih stabil, dan kami tidak menemukan kelangkaan kebutuhan pokok,’terang dia.

Sementara itu, Kapolsek Lawang Kidul, IPTU Desi Azhari S.H., M.H. menambahkan, hasil monitoring harga dan stok bahan pokok jelang ramadhan dan jelang lebaran di Pasar Tanjung Enim relatif stabil dan aman.

“Jika ditemukan permainan harga maupun penimbunan bahan pokok jelang hari raya akan kita tindak tegas bagi para pelaku usaha dipasar Tanjung Enim ini. Monitoring rutin akan kita lakukan dipasar maupun bagi pelaku usaha dan berharap ketersediaan /stok serta harga bahan pokok tetap relatif normal sampai menjelang hari raya idhul fitri nanti,”ungkap Kapolsek.(git)

loading...

LEAVE A REPLY