Liono Basuki Jabat Ketua DPRD

Liono Basuki BSc merima SK setelah pengambil sumpah jabatan sebagai Ketua DPRD Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM – Liono Basuki Bsc, resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim periode 2019-2024. Dilantiknya Liono sebagai Ketua DPRD definitif diyakini menjadi titik balik pulihnya pemerintahan di Bumi Serasan Sekundang.

Pelantikan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Muara Enim, Selasa (9/3/2021).

Dalam pelantikan ini, dihadiri Wakil Ketua DPRD I Provinsi Sumatera Selatan H. Giri Ramanda Kiemas dan disaksikan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU) beserta anggota DPRD Muara Enim, Kepala OPD, Camat, serta unsur Forkopimda.

Plh Bupati Muara Enim, H. Nasrun Umar mengatakan dengan dilantiknya Liono Basuki sebagai Ketua DPRD definitif, maka unsur pemerintahan di Kabupaten Muara Enim pun semakin kuat. “Dengan telah ditetapkannya Ketua DPRD secara definitif, maka unsur pemerintahan Kabupaten Muara Enim semakin kuat,” kata HNU.

Liono Basuki menggantikan posisi Aries HB sebagai Ketua DPRD Muara Enim. Selanjutnya ujian berat pemerintahan di Kabupaten Muara Enim bertambah lagi lantaran Bupati Muara Enim Juarsah yang menggantikan Ahmad Yani juga ikut ditahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Belum lagi, Pemerintah Kabupaten Muara Enim juga sebelumnya telah kehilangan Sekretaris Daerah (Sekda) karena meninggal dunia.

Nasrun mengatakan dengan telah ditetapkannya ketua DPRD secara definitif, maka selanjutnya DPRD Kabupaten Muara Enim dapat melaksanakan tugas internal sesuai dengan kedudukan dan fungsi pimpinan DPRD yang telah diamanahkan oleh konstitusi.

“Diharapkan agar DPRD dapat menyelenggarakan urusan pemerintahan dengan sebaik-baiknya menurut asas otonomi dan tugas pembantuan, dengan prinsip otonomi seluas-luasnya agar terjalin kerja sama yang baik antara eksekutif dan legislatif,” ungkap Nasrun.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim, Liono Basuki mengaku siap mengemban amanah rakyat dan menjadi semangat baru demokrasi di Bumi Serasan Sekundang.

Iasiap melanjutkan keberlangsungan roda pemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Muara Enim agar dapat semakin maju dengan hubungan yang harmonis dalam kemitraan eksekutif dan legislatif.

“Hal ini guna mencapai visi Kabupaten Muara Enim yang Merakyat, yaitu Muara Enim untuk Rakyat yang Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera,” ujar Liono. (ozi)

loading...

LEAVE A REPLY