Kemendikbud Salurkan PIP Hingga Afirmasi Pendidikan Tinggi Maret 2021

Plt Sekjen Kemendikbud, Ainun Na'im. Foto : DIDA TENOLA/JPG

ENIMEKSPRES.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah menyiapkan penyaluran Program Indonesia Pintar (PIP), Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) sampai dengan afirmasi pendidikan tinggi. Rencananya program tersebut mulai disalurkan pada Maret 2021.

“Jadi sekarang ini, kami melakukan persiapan. Kemudian berikutnya, bisa dilihat penyaluran dimulai dari Maret,” ungkap Plt Sekjen Kemendikbud, Ainun Na’im dalam Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, belum lama ini.

Persiapan yang dilakukan saat ini, di antaranya finalisasi penyusunan Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK); penyusunan bahan dan sosialisasi; hingga seleksi calon penerima.

Baca juga:

Kemudian diperlukan pula koordinasi dengan unit-unit terkait di perguruan tinggi. “Untuk yang sedang on going kita bayarkan sesuai dengan jadwal yang mula-mula ada,” terang Ainun.

Target untuk KIP-K pada tahun ini akan menyasar kepada 1.102.000 mahasiswa dengan anggaran Rp9,6 triliun. Kemudian, untuk KIP Sekolah ditargetkan bakal menyasar 17,9 juta siswa dengan alokasi Rp9,67 triliun.

Ainun menambahkan, bahwa program bantuan ini akan terus dikawal pelaksanaannya sepanjang 2021. Di mana perlu juga adanya pengendalian mutu dalam program tersebut. “Terdapat percepatan, supervisi, dan pelaporan penyalurannya juga terlaksana. Kemudian juga kita lakukan rekonsiliasi penyaluran bantuan dengan bank penyalur,” pungkasnya. (jpg)

loading...

LEAVE A REPLY