Belajar Tatap Muka Boleh Dilakukan di Zona Hijau

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muara Enim Irawan Submidi (Dua dari kanan) saat memimpin audiensi dengan PGRI Muara Enim. Foto : SIGIT/ENIMEKSPRES.CO.ID

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muara Enim, Irawan Submidi menjawab adanya laporan masyarakat bahwa selama pandemi Covid-19 ada sekolah yang menggelar belajar tatap muka. Namun, setelah dilakukan pengecekan atas laporan yang diterima, rupanya kegiatan belajar tatap muka itu berlangsung di zona hijau.

“Kami tidak melarang tatap muka di wilayah zona hijau. Akan tetapi kegiatan dilaksanakan masih terbatas dan memenuhi protokol kesehatan (Prokes),” ungkap Irawan saat menemui jajaran pengurus PGRI Kabupaten Muara Enim saat audiensi dengan Pemkab Muara Enim, Selasa (16/2/2021).

Ia menjelaskan, untuk menggelar kegiatan belajar Dalam Jaringan (Daring), Kabupaten Muara Enim selama ini belum maksimal. Karena jaringan internet tidak menjangkau seluruh pelosok desa hingga wilayah terpencil. Untuk itu, pihaknya tidak melarang wilayah yang tidak ada jaringan internet melaksanakan pembelajaran tatap muka.

Baca juga:

“Selama pandemi Covid-19 ini, pembelajaran daring maupun luring tidak bisa kita hindari. Kegiatan pendidikan harus tetap berjalan, sedangkan surat edaran gubernur juga sudah lewat. Sehingga kami tidak melarang ada sekolah yang menggelar belajar tatap muka. Yang penting syarat protokol kesehatan terpenuhi,” imbuhnya.

Menurutnya, ada 28 titik dalam Kabupaten Muara Enim yang belum terjangkau oleh internet. Sehingga pembelajaran daring di wilayah tersebut tidak berjalan. Sehingga ia meminta bantuan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Muara Enim untuk memenuhi sarana jaringan internet yang menjangkau seluruh pelosok desa.

“Setelah saya cek langsung, 28 titik itu ternyata zona hijau Covid-19. Jadi kami tidak melarang pembelajaran tatap muka,” tegas dia. (git)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

loading...

LEAVE A REPLY