Bangun Kembali Lima Rumah yang Roboh Akibat Banjir Bandang

Gubernur Sumsel H. Herman Deru bersama Plt Bupati Muara Enim H. Juarsah saat meninjau kondisi pasca banjir bandang yang terjadi di Desa Ujan Mas Baru. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru bersama Plt Bupati Muara Enim H. Juarsah, meminta kepada Dinas PUPR dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sumsel serta Kabupaten Muara Enim membangunkan lima rumah warga Desa Ujan Mas Baru yang roboh akibat diterjang banjir bandang.

Menurut Herman Deru, pihaknya telah melihat bekas dahsyatnya air dari anak Sungai Mampur yang merendam dan menerjang pemukiman warga sehingga menyebabkan lima rumah warga roboh.

Banjir bandang yang terjadi pada Jumat (30/10/2020) malam tersebut disebabkan oleh gorong-gorong yang berada di bawah jalan lintas Sumatera tidak sesuai dengan debit air yang akan dikeluarkan.

Baca juga:

Ditambah juga gorong-gorong sudah banyak endapan tanah dan pasir serta sampah sehingga membuat saluran air mampet. Untuk itu, pihaknya akan meminta Balai Besar Jalan Nasional untuk membuatkan box culvert pada tahun 2021 yang ukurannya besar, sehingga air lancar dan seberapa besar debit air tidak lagi menjadi masalah.

“Saya sudah melihat hampir seluruh perabotan dan makanan warga rusak dan basah. Bersyukur tidak menelan korban jiwa. Terima kasih tim Pemkab Muara Enim yang sigap, sehingga tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Ke depan, lanjut Herman Deru, pihaknya akan mendata korban yang terkena banjir terutama yang rumahnya roboh supaya bisa dibangunkan kembali sehingga bisa meringankan beban masyarakat.

“Ini bukan musibah, tetapi kesalahan manusia sendiri. Aliran anak sungai sebesar ini tapi gorong-gorongnya kecil. Sehingga tersumbat dan mengenangi pemukiman,” kata Herman Deru didampingi Plt Bupati Muara Enim H. Juarsah, di sela melihat langsung kondisi pasca banjir bandang di Desa Ujan Mas Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim, Sabtu pekan kemarin. (ozi)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

loading...

LEAVE A REPLY