Arsip Masih Dipandang Sebelah Mata

DIKLAT : Asisten III menyematkan tanda perserta diklat kearsipan secara simbolis.

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim, terus meningkatkan pengelolaan arsip dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas organisasi perangkat daerah (OPD). Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pengelolaan kearsipan di Kabupaten Muara Enim, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Muara Enim menggelar diklat kearsipan yang berlangsung di Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (5/4).

Bupati Muara Enim diwakili Asisten Administrasi Umum Ir Maryana disela membuka kegiatan menuturkan dengan terbitnya Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, maka penataan pengelolaan arsip, baik itu secara manual maupun secara elektronik disajikan untuk kepentingan organisasi maupun sebagai informasi kepada masyarakat. “Arsip yang baik adalah arsip yang asli/autentik, utuh, terpercaya, dan dapat digunakan, baik pada masa kini atau masa yang akan datang,”kata Maryana.

Menurutnya, hingga saat ini arsip masih dipandang sebelah mata. Sehingga arsip tidak dikelola dengan baik dan benar, sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku. “Arsip itu dicari pada saat kita membutuhkannya. Arsip yang dikelola dengan baik dan benar sangat membantu kita dalam pengambilan keputusan,”tegasnya.

Hal tersebut, kata dia, merupakan bukti keberadaan organisasi sebagai memori organisasi dan memori kolektif pemerintah daerah serta sumber informasi bagi masyarakat dan pemangku kepentingan.

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam hal pengelolalan arsip, maka diklat ini dilaksanakan untuk menyelamatkan dan melestarikan arsip yang berpotensi statis, sehingga menjamin tersedianya informasi yang akurat dan autentik.

“Diharapkan diklat akan memberikan pemahaman tentang jenis-jenis arsip yang berpotensi statis, serta dapat berperan dan berfungsi dengan baik dan dikelola oleh tenaga profesional yang benar-benar ahli dalam bidangnya,”jelasnya.(ozi)

 

 

loading...

LEAVE A REPLY