6 Stasiun KA di Sumsel Segera Sediakan GeNose

CEK : Petugas Stasiun KA Muara Enim mengecek suhu tubuh penumpang dan rencananya stasiun KA Muara Enim juga akan menerapkan pelayanan GeNose untuk keberangkatan kereta penumpang. Foto : dok.

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM – Layanan tes deteksi dini Covid-19 lewat hembusan nafas atau dikenal GeNose akan segera hadir di Stasiun Kerata Api (KA) wilayah Sumatera Selatan.  PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memastikan GeNose akan disediakan di 6 stasiun tepatnya Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Lubuk Linggau.

Deputy EVP PT KAI Divre III Palembang M Arifudin menuturkan sebagaimana diketahui layanan GeNose telah terlebih dulu hadir di Stasiun KA wilayah Pulau Jawa. Melihat tingginya antusiasme pengguna KA menggunakan layanan GeNose, maka pihak PT KAI menghadirkan layanan serupa di luar Jawa yakni di Sumatera Selatan.

“Sumsel ini masuk tahap kedua, nanti segera kita launching juga penggunaan GeNose di stasiun,”tutur Arifudin.

Ia mengatakan penerapan GeNose ini akan dimulai pada awal pekan kedua bulan ini. Pihaknya sudah mempersiapkan sarana dan prasarana untuk tempat pelaksanaan GeNose tersebut di enam stasiun yang ada di Sumsel.

“Kita akan mulai gunakan GeNose pada akhir minggu pertama ini atau awal minggu kedua. Jadi nanti di enam stasiun yang ada di Sumsel sudah bisa melakukan tes deteksi Covid-19 dengan menggunakan GeNose,” jelasnya.

Untuk mekanisme dan tarif GeNose sendiri, pihaknya akan tetap merujuk pada ketentuan pusat. Artinya, tarif akan disamakan agar masyarakat bisa mendapatkan layanan GeNose dengan mudah dan harga terjangkau.

“Jadi walaupun nantinya ada GeNose, kita tetap akan memberikan pilihan kepada masyarakat, mau gunakan Rapid Test Antigen ataupun GeNose. Di setiap stasiun kita sediakan pilihan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Divre III Palembang Aida Suryanti, menambahkan layanan GeNose di enam Stasiun Kereta Api yakni Kertapati, Prabumulih, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Lubuk Linggau, untuk sementara masih persiapan perlengkapan. Setelah semua siap, kata dia, pemeriksaan GeNose segera dilaksanakan di 6 stasiun keberangkatan kereta penumpang. “Untuk harga GeNose menunggu ketetapan,” terang Aida kepada koran ini.

Terkait operasional perjalanan kereta api pada momen arus mudik, lanjut Aida, PTKAI masih menunggu surat edaran dari Satgas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan. “Sejauh ini, KAI belum melayani penjualan tiket angkutan lebaran 2021 dan KAI akan terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait,” jelasnya.(ozi)

loading...

LEAVE A REPLY